Sabtu, 09 Januari 2010

Nasi Gorengnya lebih enak buatan Ayah

Malam itu seperti biasanya kita kumpul di ruang depan. Dimana terdapat televisi tempat kami menikmati hiburan. Sebenarnya tidak kumpul semua, karena aku lebih terpaku dedepan PC, karena masih satu ruangan, ya tetap saja kumpul.

Hingga saat waktunya makan malam, ternyata istriku tersayang tidak masak hari itu karena siangnya ada kesibukan. Jadilah aku mengambil inisiatif untuk membuat nasi goreng. Seperti umumnya nasi goreng, tidak banyak memerlukan banyak resep yang harus digunakan. Semua menggunakan bumbu instant.


Cek di kulkas, ada bumbu nasi goreng, telur, sedikit sayuran bayam dan bumbu penyedap. Ah ... sepertinya ada yang kurang, bagaimana kalau ditambah sosis. Karena tidak tersedia di kulkas, yang kebagian membeli adalah Eko dan Ayu ke warung di belakang rumah. Tentu saja, dengan diberi tambahan uang untuk jajan.

Singkatnya komplit sudah persiapannya. Kini tinggal memasaknya. Bak koki kelas atas dari restoran ternama, aku segera siapkan perlengkapan. Biar lebih enak, aku gunakan margarin (karena dilarang menyebutkan merk, jadi blue bend itu aku ganti margarine .... weh, sama saja dong menyebutkan merk).

Berikut langkah pembuatan nasi goreng ala Chef hpNugroho.

1. Siapkan wajan atau penggorengan berikut sodetnya. Jangan lupa kompornya, karena tanpa kompor tidak akan bisa jadi nasi goreng kecuali nungguin abang-2 yang lewat.

2. Panaskan sejenak wajan hingga agak sedikit berasap. Jangan lupa sebelumnya siapkan juga tabung pemadam kebarankan ... hehehehe
Berikutnya masukan margarine dan tunggu hingga mencair.

3. Masukan telur terlebih dahulu, dipecahin ya jangan bulet-bulet dimasukin, emangnya mau direbus .. Urak-arik telur itu hingga setengah matang, pokoknya sudah tidak cair lagi deh ...

4. Kecilkan api kompor atau matikan dulu biar aman (supaya telur tidak gosong). Masukan bumbu nasi goreng yang umumnya berbentuk sambel. Urak-arik lagi hingga tercampur dengan telur.

5. Nyalakan kembali kompornya, apinya jangan besar-besar dulu, sedang-sedang saja. Kemudian masukan nasinya. Dan aduk-aduk hingga merata. Lakukan sampai nasi sudah agak mengering. Kemudian masukan sosis dan sayuran (kalau ada).
Tambah dengan bumbu penyedap, kecap dan garam secukupnya.

6. Tahap terakhir adalah terus mengaduk hingga rata dan nasi goreng siap disajikan.

Selesai sudah, dan lihat apa tanggapan dari para penikmat;

"Nasi gorengnya lebih enak buatan Ayah" ...
Tentu saja, seorang chef kelas atas.. hehehehe
Rahasianya adalah, gunakan bumbu masak yang banyak biar lebih gurih dan pastikan nasi terurai serta benar-benar kering.

Karena istriku tersayang tidak kebagian akibat keterbatasan stok nasi, jadi hanya sedikit mencicipinya. Hingga saat ini, jika mau nasi goreng mereka akan minta aku yang buatkan. Padahal, tidak setiap saat masakanku hasilnya sama. Kadang terlalu asin kadang juga malah kurang garam. Tapi ya, namanya anak-anak ... kalau sudah lapar ya ... habis juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar